Iklan Atas Artikel

PROPOSAL SKRIPSI ILMU PERPUSTAKAAN

ANALISIS KETERSEDIAAN KOLEKSI BAHAN PUSTAKA BIDANG ILMU PERPUSTAKAAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA PRODI ILMU PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY



A.    Latar Belakang Masalah


Kehadiran sebuah perpustakaan pada setiap satuan pendidikan, termasuk  jalur pendidikan perguruan tinggi merupakan suatu kebutuhan utama. Seperti yang tertuang pada undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, diatur pada pasal 19 sampai dengan 25 perpustakaan perguruan tinggi disebut jantungnnya pendidikan. Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan ini adalah turut memperlancar  dan menyukseskan fungsi perguruan tinggi  yang bersangkutan yaitu Tri Dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat). Sesuai dengan surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan No.0103/0/1981, perpustakaan perguruan tinggi  berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat penelitian, pusat pelestarian ilmu pengetahuan serta pusat penyebarluasan informasi bagi pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi.[1] Terkait dengan Tri Dharma perguruan tinggi Perpustakaan sangat berperan penting dalam dunia pendidikan khususnya pada pendidikan perguruan tinggi karena perpustakaan merupakan  barometer keberhasilan suatu institusi atau lembaga perguruan tinggi dalam mendidik dan meningkatkan prestasi mahasiswa.


Perpustakaan yang baik adalah perpustakaan yang dapat memenuhi kebutuhan informasi penggunannya. Karena perpustakan merupakan salah satu wadah atau tempat penyedia informasi yang bersifat edukatif ( pendidikan ). Berkembangnya sebuah   perpustakaan dapat dilihat dari beberapa aspek seperti fasilitas, layanan serta koleksi  bahan pustaka yang dimiliki. Oleh karena itu hendaknya perpustakaan memiliki koleksi bahan pustaka yang lengkap sesuai dengan visi, misi, tujuan dan kebutuhan pemustaka serta bahan-bahan yang dapat mensukseskan kegiatan pembelajaran yang berdasarkan kurikulum, silabus dan fungsi  perguruan tinggi yang bersangkutan. Dengan demikian peran perpustakaan perguruan tinggi yaitu menyediakan koleksi bahan pustaka yang mendukung  dalam  memenuhi kebutuhan akan informasi untuk menunjang kurikulum, silabus dalam proses kegiatan belajar mengajar  pada  setiap program studi.  Kelengkapan sebuah koleksi bahan pustaka menjadi daya tarik tersendiri bagi pemustaka  untuk kemudian kembali berkunjung dan memanfaatkan infomasi yang disediakan secara terus menerus. Masalah koleksi bahan pustaka ini seharusnya selalu menjadi fokus utama dalam hal pengelolaan dan pengembangan perpustakaan.
Pada dasarnya mahasiswa datang ke perpustakaan tidak hanya untuk membaca. Melainkan mereka juga ingin mendapatkan informasi untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah, keperluan penelitian maupun untuk referensi tugas akhir. Disinilah letak tanggung jawab perpustakaan dalam menyediakan koleksi bahan pustaka serta informasi yang diperlukan. Sehingga akan terlihat efektifitas dari perpustakaan itu sendiri. Ketersedian koleksi bahan pustaka hendaknya selalu berorientasi pada kebutuhan pengguna dan sesuai dengan kurikulum program studi yang bersangkutan, banyaknya koleksi bahan pustaka yang tersedia belum menjamin terpenuhinya kebutuhan pengguna, maka dari itu perpustakaan harus benar-benar memahamai dan mengetahui apa yang dibutuhkan pemustaka dan kemuktahirannya.

Perpustakaan UIN Ar-Raniry  merupakan salah satu perpustakaan perguruan tinggi yang memiliki tujuan untuk mendukung fungsi pendidikan dengan menyediakan koleksi bahan pustaka sesuai dengan kurikulum. Berdasarkan hasil pengamatan awal peneliti bahwa ketersediaan koleksi dibidang ilmu perpustakan masih sangat minim. Terkadang mahasiswa merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan dosen pengajar serta kesulitan dalam mencari referensi untuk menunjang penulisan skripsi. Hal ini disebabkan karna kurangnya sumber informasi yang tersedia. Terlebih lagi jumlah mahasiswa yang memilih prodi ilmu peprustakaan setiap tahun semakin meningkat. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengangkat suatu masalah yang menjadi objek penelitian “Ketersediaan koleksi bahan pustaka bidang ilmu perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa prodi ilmu perpustakaan di perpustakaan UIN Ar-Raniry”.


B.     Rumusan Masalah


Bagaimana ketersediaan koleksi bahan pustaka bidang ilmu perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa prodi ilmu perpustakaan di perpustakaan UIN Ar-raniry?

C.    Tujuan Penelitian


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ketersediaan koleksi bahan pustaka bidang ilmu perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa prodi ilmu perpustakaan di perpustakaan UIN Ar-raniry.

D.    Penjelasan Istilah


Untuk mempermudah pemahaman isi karya tulis ini, maka didefinisikan istilah-istilah penting yang menjadi pokok pembahasan utama dalam karya tulis ini yaitu:
  1. Koleksi perpustakaan : Semua informasi dalam bentuk karya tulis, karya cetak, atau krya rekam dalam berbagai media yang mempunyai nilai pendidikan, yang dihimpun diolah, dan dilayankan.[3]
  2. Ilmu perpustakaan : Pengetahuan dan keahlian mengenai administrasi perpustakaan berikut koleksinya, ekonomi perpustakaan, dan bibliografi.[4]
  3. Kebutuhan informasi : Kehidupan manusia tidak lepas dari kebutuhan informasi semakin meningkat kehidupan seseorang semakin meningkat pula kebutuhan akan informasi.  Informasi dapat diartikan dengan :
a.       Berita (peristiwa, hal )
b.       Data ( statistik, perkembangan)
c.       Literatur ( buku, majalah, rekaman-rekaman lain).

Manusia membutuhkan informasi karena :
  • Tiap orang mempunyai hak untuk memperoleh informasi dari mana pun dan mereka boleh saja menggunakan dan menuntut hak itu sesuai status dan kedudukannya.
  • Informasi itu akan memungkinkan seseorang lebih efektif dan efisien dalam usahanya.

  • Membaca, belajar merupakan kegiatan yang menunjang pengembangan diri.

  • Perpustakaan dan pusat informasi lain telah menyerap biaya cukup banyak, maka perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya[5]

E.     Kegunaan Penelitian
1.      Dapat menambah pengetahuan dan wawasan baru bagi penulis dan mengetahui bagaimana penyediaan koleksi yang baik di perpustakaan.
2.      Sebagai bahan informasi bagi perpustakaan dalam rangka peningkatann bahan koleksi terutama pada bidang ilmu perpustakaan.

F.     Metode Penelitian

a.       Rancangan penelitian

Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode deskriptif  karena pada penelitian ini mengambarkan bagaimana ketersediaan koleksi bahan pustaka dalam memenuhi kebutuhan informasi pengguna.

b.      Waktu dan lokasi penelitian

Penelitian dilakuakan pada bulan november dan lokasi penelitian dilakukan di perpustakaan UIN Ar-Raniry.

c.       Populasi dan sample

Sesuai dengan judulnya yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S-1 ilmu perpustakaan. Dan yang menjadi sample disini adalah mahasiswa S-1 ilmu perpustakaan angkatan 2011.

d.      Hipotesis

Hipotesis adalah suatu dugaan sementara yang masih harus dibuktikan kebenarannya.[6] Maka dari itu anggapan sementaranya adalah Ketersediaan koleksi bahan pustaka bidang ilmu perpustakaan  belum memenuhi kebutuhan informasi dari mahasiswa S-1 ilmu perpustakaan.

e.       Tehnik pengumpulan data

  • Tehnik observasi, yaitu dengan melakukan pengamatan langsung terhadap ketersediaan koleksi bahan pustakaan.

  • Tehnik wawancara, yaitu melakukan wawancara kepada pustakawan atau staf yang bekerja diperpustakaan untuk mendapatkan informasi.

  • Tehnik penyebaran angket, yaitu dengan membagikan angket kepada mahasiswa agar dapat mengisi lembaran angket secara obyektif.

DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta :        Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Husein Umar. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta : Raja grafindo Persada, 2007.
Lasa Hs. Kamus Istilah Perpustakaan. Yogyakarta : Kanisius, 1990.
Wiji Suwarno. Perpustakaan Dan Buku Wacana Penulisan Dan Penerbitan. Yokyakarta : Ar-Ruzz Media , 2011.
[2] Wiji Suwarno, Perpustakaan Dan Buku Wacana Penulisan Dan Penerbitan, Yokyakarta: Ar-Ruzz Media , 2011, hal.60.
[3] Lasa Hs, Kamus Kepustakawanan Indonesia, Yogyakarta : Pustaka Book Publisher, 2009. Hal. 176.
[4] Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2008. Hal. 525.
[5] Lasa Hs, Kamus Istilah Perpustakaan, Yogyakarta : Kanisius, 1990. Hal. 44.
[6] Husein Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2007.hal.294


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel